Presentasi Yang Efektif



PRESENTASI YANG EFEKTIF





    Pada Post  sya ini saya akan share bagaimana presentasi yang efektif itu karena perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan segala sesuatu menjadi mudah, Nah  teknologi merupakan hasil karya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan derajat hidup manusia. Kita tidak dapat menepis anggapan bahwa teknologi telah memasuki seluruh aspek kehidupan manusia dan menjadi semakin kompleks.Microsoft power point merupakan salah satu inovasi atau teknologi yang diciptakan oleh Microsoft untuk memenuhi kebutuhan masa kini dalam hal presentasi, baik itu di kantor, sekolah, rumah, ataupun tempat lainnya.



Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menyusun slide pada power point.

  1. a.     Orientasi Kita.
-          Penting bagi penyaji materi agar dapat menempatkan audience sebagai tujuan utama dalam penyampaian pokok pikiranya, oleh karena itu penyaji harus memahami kondisi dan kebutuhan dari audience sehingga presentasi yang disampaikan dapat maksimal.

  1. b.    Slide adalah ilustrasi dari presentasi kita.
-          Ms.Power Point hanya berperan dalam memaksimalkan dan memperjelas presentasi kita, maka sebelum membuat presentasi kita menggunakkan ms.power point ingatlah bahwa sesungguhnya kita hanya membuat slide atau ilustrasi yang kan mendukung presentasi kita

c.Ms.Power Point bukanlah segalanya
-          Ms.Power Point bukanlah fokus utama dari presentasi kita tetapi presentasi itu sendirilah yang menjadi fokus utama kita, pada akhirnya sangatlah penting bagi kita untuk mengasah kemampuan mempresentasikan sesuatu tanpa bergantung pada instrumen.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun slide pada power point.

KISS (Keep it Straight and Simple)
Pastikan agar slide yang kita susun tidak bertele-tele, jelas dan simpel.





  1. a.    Simpel
-          Slide yang efektif adalah slide yang simpel karena slide yang baik adalah slide mudah dicerna atau dipahami oleh audience.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyimpelkan slide kita: 

a.      Batasi jumlah slide
-          Jangan menampilkan semua isi presentasi kita di slide tetapi hanya bagian penting karena  dilengkapi melalui handout.

b.      Batasi banyaknya teks pada slide.
-          Batasi jumlah teks pada slide agar presentasi jelas dan mudah dipahami.
  1.  Batas maksimal teks pada slide adalah 8 baris per slide dan 10 kata per baris.
  2.      Baris teks per slide merupakan jumlah yang ideal untuk satu slide.

  1. b.    Gunakan keyword
-          Gunakan kata kunci atau kalimat singkat yang dapat mewakili penjelasan kita pada slide.

  1. c.     Gunakan gambar dan diagram secara bijak.
-          Dalam penggunaan gambar dan diagram sebaiknya digunakkan sesuai tujuan utamanya, yaitu untuk mendukung apa yang sedang kita presentasikan, bukan sebagai hiasan ataupun sekedar dekorasi.

  1. d.    Hemat
-          Bijaklah dalam menyiasati agar slide kita dapat menempati ruang pada slide dengan efisien.

  1. c.     Konsisten
-          Dalam pembuatan slide dibutuhkan konsistensi atau keseragaman dalam beberapa hal :
  1. a.      Desain
  2. b.      Jenis dan ukuran huruf
  3. c.       Animasi & Transisi
  4. d.      Warna
  5. e.       Penggunaan Ruang Slide

  1. d.    Jelas
-          Tujuan dari slide pada power point adalah untuk memperjelas presentasi kita, oleh karena itu sudah seharusnya slide yang kita rancang jelas.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperjelas slide presentasi kita seperti berikut ini :

  1. a.      Pemilihan warna yang jelas dan sesuai bagi teks.
-          Dalam pemilihan warna teks sebaiknya warna tersebut sesuai dengan warna latar belakang slide kita (Contoh : hijau untuk background ungu, violet pada kuning, putih pada hitam, atau biru-hijau pada merah)

  1. b.       Outline yang jelas
-          Alur presentasi yang jelas akan memudahkan audience untuk memahami presentasi, oleh karena itu sinkronkalah atau aturlah slide sedemikian rupa agar sesuai dengan alur presentasi kita.



  1. a.    Recheck sebelum mulai
-          Sebelum memulai presentasi menggunakkan Ms.Power Point sebaiknya kita melakukan pengecekan ulang terhadap beberapa hal :

  1. a.      Koreksi atau cek ulang slide
-          Sebelum memulai presentasi sebaiknya kita mengecek ulang slide yang telah kita buat agar terhindar dari kesalahan.

  1. b.      Kesiapan peralatan presentasi
-          Sebelum memulai presentasi sebaiknya kita mengecek ulang dan melakukan konfigurasi akhir terhadap kesiapan kelengkapan pendukung untuk presentasi kita sperti komputer, infocus, speaker, clicker, dsb

  1. b.    Gunakkan komputer sendiri
-          Untuk mencegah gangguan teknis tak terduga sebaiknya kita menggunakkan komputer sendiri.

  1. c.     Matikan screen saver pada komputer
-          Nonaktifkan screen saver pada komputer agar tidak menghalangi jalannya presentasi

  1. d.    No gerakan tambahan
-          Dalam mempresentasikan slide sebaiknya menyertakan seorang patner sebagai operator sehingga dapat meminimalisir gerakan yang akan mengganggu fokus audience. (Contoh : Gerakan kursor, dsb).

  1. e.    Kontak mata dengan peserta di sela-sela presentasi
-          Anda adalah pusat dari presentasi anda sendiri sehingga sangat perlu bagi anda untuk berinteraksi dengan para audience

  1. f.     Perhatikan gerak-gerik peserta
-          Amati gerak-gerik serta rasakan emosi audience sehingga dapat mengontrol presentasi dengan bijak dan dapat penilaian terhadap presentasi kita sendiri. (Contoh: Jika audience lebih fokus pada slide kita ketimbang kita berarti kita hrus memperbaiki slide kita lain kali)

  1. g.    Fokuskan peserta pada anda
-          Fokuskan perhatian peserta kepada anda sebagai penyaji, hal ini dapat dilakukan dengan cara berdiri tepat didepan audience dan menunjukkan slide secara langsung, bisa juga menggunakkan clicker.

  1. h.    Step by step
-          Gunakkanlah slide secara sistematis, dengan kata lain jelaskanlah presentasi satu persatu.
  1. i.      Tepat waktu
-          Presentasi yang baik adalah presentasi yang tidak hanya memenuhi target pesan yang ingin disampaikan melalui slide tetapi juga waktu.Presentasi yang kelewatan batas waktu tidaklah efektif, maka kalkulasikan waktu yang dibutuhkan dalam mempresentasikan slide dengan baik.

  1. j.      Memikat
-          Pembukaan yang baik pada presentasi kan berdampak pada keseluruhan presentasi, oleh karena itu buatlah pembukaan yang semenarik mungkin.

  1. 4.         Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengakhiri presentasi.

  1. a.    Kesimpulan
-          Akhiri presentasi dengan kesimpulan yang menjiwai semua isi dari presentasi.

b.    Berikan kesempatan bertanya
-          Berikan selang waktu untuk bertanya atau diskusi pada akhir presentasi, pada saat itu gunakkanlah black screen.

c.     Bagikan handout di akhir presentasi
-          Handout merupakan materi lengkap dari presentasi, sebaiknya handout dibagi pada akhir presentasi agar tidak mengganggu perhatian audience sela-sela penyampaian materi.

d.    Impovisasi
-          Belajar dari setiap pengalaman presentasi anda dan perbaiki apa yang kurang.

C.     Kesimpulan

Pada akhirnya presentasi efektif adalah presentasi yang dapat menjawab kebutuhan dari audiensnya. Penyaji materi memainkan peranan penting dalam presentasi yang ia sajikan. Gunakkanlah  Microsoft Power Point semestinya sebagai pendukung dari presentasi kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

About Corel Draw

DESAIN GRAFIS